Menjaga Kesehatan Itu Penting

Just another WordPress.com weblog

TCM

Pengobatan Traditional Cina

Pengobatan tradisional Cina (TCM) adalah sistem yang kuno medis memerlukan pemahaman yang mendalam dan pola-pola hukum alam dan berlaku mereka ke tubuh manusia. TCM tidak “New Age”, dan tidak pula yang campur aduk dari berbagai penyembuhan modalities. TCM adalah sistem yang lengkap medis yang telah dilakukan selama lebih dari lima ribu tahun.

Di jantung TCM adalah paham bahwa akar penyebab penyakit, mereka tidak gejala, harus diobati. Dalam istilah modern-hari, TCM adalah dalam pendekatan holistik, yang dilihat setiap aspek dari orang-tubuh, pikiran, semangat, dan emosi-sebagai bagian dari satu lingkaran lengkap daripada loosely terhubung ke bagian diperlakukan secara individual.

Berikut ini adalah pengenalan singkat ke beberapa istilah dan konsep kunci dalam obat tradisional Cina.

Teori Qi

Yang benar adalah dasar dari TCM Qi, yang diterjemahkan sebagai loosely vital energi. Dalam TCM, Qi yang dianggap sebagai kekuatan yang animates dan menginformasikan segala sesuatu. Dalam tubuh manusia, Qi mengalir melalui meridians, atau jalur energi. Dua belas besar meridians berjalan melalui tubuh, dan ini adalah melalui jaringan yang Qi perjalanan melalui badan dan bahwa berbagai organ tubuh mengirim pesan satu sama lain. Untuk alasan ini, mempertahankan meridians jelas adalah keharusan bagi tubuh sendiri untuk mengatur tindakan yang terjadi.Melalui pelatihan yang tepat, orang dapat mengembangkan kepekaan merasakan aliran Qi.

Meskipun sering dijelaskan di Barat sebagai energi, atau energi vital, istilah Qi mengandung makna yang lebih dalam. Qi mempunyai dua aspek: satu adalah energi, kuasa, atau kekuatan, yang lainnya adalah sadar atau informasi intelijen. Setiap Organ Sistem membawakan sendiri unik Qi, yang memungkinkan untuk melakukan fungsi yang unik-baik fisik (obat yang bisa menjelaskan Barat) dan energik (obat yang dapat mengidentifikasi Timur). Fungsi energik ini juga mencakup Organ Sistem hubungan dengan Organs lainnya. (Organ disini adalah untuk membedakan kapital TCM konsep yang Organ Sistem dan fungsinya dari Barat konsep organ fisik.)

TCM sering beberapa referensi utama Qi, atau fungsi energi, masalah. Salah satunya adalah keseluruhan “Qi kekurangan,” yang sering digambarkan dalam istilah medis Barat sebagai sindrom kelelahan kronis (CFS). TCM juga memiliki pengetahuan dan kemampuan yang tepat Organs memiliki kekurangan energi. Kondisi utama lain digambarkan sebagai “Qi stagnasi,” yang berarti energi dan informasi tidak dapat bergerak dengan lancar ke atau dari lokasi yang sesuai. Misalnya, TCM menganggap sakit, sakit kepala dan sakit perut hasil Qi stagnasi.

Dalam teori TCM, darah dan Qi yang dipisahkan. Darah adalah “ibu” dari Qi, yang membawa Qi dan juga memberikan gizi bagi gerakan. Sebaliknya, Qi adalah “komandan” dari darah. Ini berarti bahwa Qi adalah kekuatan yang membuat aliran darah ke seluruh tubuh dan intelijen yang memberikan petunjuk ke tempat-tempat di mana perlu. Darah dan Qi juga mempengaruhi satu sama lain dan dinamis memiliki kemampuan untuk mentransfer kembali berbagai properti dan sebagainya. Misalnya, setelah tenaga kerja dan pengiriman, seorang wanita dapat mengembangkan demam. TCM mengerti ini ke demam dikaitkan dengan kehilangan darah, biasanya tidak infeksi. Kehilangan terlalu banyak darah menyebabkan keseluruhan Qi kekurangan. Apabila ada kekurangan Qi, tubuh tidak dapat berfungsi dengan baik dan oleh karena itu hadir dengan demam.

Lima Elemen-Teori

TCM percaya bahwa tubuh manusia adalah kecil dari Universal makrokosma. Oleh karena itu, manusia harus mengikuti undang-undang Universe untuk mencapai keselarasan dan kesehatan total.Yin / Yang dan Lima Elemen-teori yang sebenarnya observasi dan gambaran Universal hukum, bukan konsep yang dibuat oleh manusia. Dahulu kala, praktisi TCM yang ditemukan ini kompleks set interrelationships yang ada di bagian energik tingkat di bawah permukaan material. Seiring waktu, hasil laporan tersebut dikembangkan menjadi sebuah unified tubuh hikmat dan pengetahuan-TCM teori-nya dan diterapkan ke cara hidup dan penyembuhan tubuh manusia. Bahkan hari ini TCM praktisi menggunakan teori ini penting untuk memahami, mendiagnosa dan mengobati masalah-masalah kesehatan.

Lima-Elemen Teori adalah bedrock dari TCM. Ia berkembang sebagai salah satu cara untuk memberi nama dan systematizing pola dianggap fenomena yang terkait, mulai dari sesuatu yang nyata sebagai cuaca lebih rarified realms seperti emosi dan kapasitas karakter, dalam lima kelompok besar bernama universal untuk elemen: Kayu, Api, Bumi , Logam dan Air. Lima-Elemen Teori menyatakan bahwa lima besar Organ Systems (Liver / Gallbladder, Jantung / usus kecil, Spleen / Stomach, Paru / usus besar, dan Kidney / urinary bladder) yang terkait dengan setiap elemen tertentu dan oleh karena itu untuk berbagai kategori dari correspondences atau klasifikasi: dari musim dari tahun ke waktu, khususnya untuk warna dan makanan, dll Kedua Yin / Yang dan Lima Teori-Teori Elemen mencerminkan seluruh hukum Universal dalam satu selesai, sistem yang komprehensif terkait kategori.

TCM tidak mempertimbangkan Lima Elemen diri menjadi malas zat. Mereka yang hidup di dasar energi alam dan selalu bergerak. Lima-Elemen Teori hubungan dinamis meliputi dua generasi dan kontrol-yang menjelaskan bagaimana lima besar Organ Sistem saling. Setiap elemen menghasilkan, atau memberikan energi ke lain. Elemen pasangan ini dikenal sebagai ibu dan anak. Setiap elemen juga restrains kontrol atau yang lain. Yang tepat jumlah kontrol menyimpan semua elemen dalam proporsi. Dengan kontrol, satu Organ Sistem bertindak sebagai umpan balik bagi pasangan berlawanan serta mitranya Organ mereka untuk tetap berfungsi dengan lancar: tidak berlebihan dan tidak sempurna, tidak terlalu kuat atau terlalu lemah. Interaksi dinamis ini memungkinkan semua Organ Sistem untuk bekerja di salah satu rukun, sistem lebih besar. Jika mereka hubungan yang baik, keadaan kesehatan prevails, jika salah satu dari hubungan menjadi semi, mengakibatkan masalah-masalah kesehatan.

Lima-Elemen Teori memberikan terampil TCM praktisi berbagai pilihan untuk mengatasi masalah-masalah kesehatan. Sebagai contoh, bila seorang pasien hadir dengan masalah kulit, praktisi TCM yang mengerti bahwa dari Sistem Organ Paru dan usus besar yang terlibat karena kulit adalah “jaringan” dari Lung, menurut Lima Elemen. Karena itu, ia dapat memutuskan untuk menyembuhkan salah satu atau kedua Organs memperlakukan akar penyebab, bukan hanya gejala dari masalah kulit.

Teori meridian

Meridians, atau saluran yang kelihatan melalui jalur Qi yang mengalir yang membentuk sebuah jaringan energi yang menghubungkan semua bagian tubuh, dan tubuh ke alam semesta. TCM memahami bahwa tubuh kita memiliki dua belas meridians besar. Masing-masing terkait dengan Organ Sistem tertentu. Meridian link jaringan yang meridians dengan menghubungkan satu sama lain dan semua badan-struktur kulit, tendons, tulang, organ, sel, atom. TCM juga memahami bahwa meridians menghubungkan dengan interior dan eksterior atas dengan tubuh bagian bawah tubuh. Saling ini, Animating jaringan melalui Qi yang mengalir bebas membuat seluruh tubuh yang organik.

Meridian di jaringan seperti sistem jalan raya, jalan dan jalan-jalan utama yang menghubungkan kota. Di jalan raya (meridians) dan kota (organ) membentuk sebuah peta energi (tubuh). Hal ini melalui sistem ini roadways energi (Qi) berjalan. Misalnya, jika kota internal jalan dengan lalu lintas yang diblokir, akhirnya situasi ini akan menimbulkan masalah dengan jalan raya yang masuk ke kota ini. Jika kondisi lalu lintas worsens, bahkan kota-kota besar yang dihubungkan oleh jalan raya akan mengalami masalah. Atau, dua kota mungkin denda lalu lintas dan dapat mengalir dengan lancar di daerah mereka. Namun, jika ada kecelakaan lalu lintas dan dibangun di salah satu jalan yang menghubungkan kota-kota, akhirnya satu atau kedua kota itu sendiri akan menemukan terpengaruh oleh kemacetan lalu lintas. Analogi ini menawarkan cara untuk memahami bagaimana blockages di meridians dapat menimbulkan masalah di organ.

Meridians bentuk sistem informasi yang kuat di mana setiap Organ juga bentuk sendiri Sistem data. Selain transmisi Qi, meridians sebenarnya juga mengirimkan informasi kepada dan di antara Organ Systems. Adalah melalui meridians dan aliran Qi bahwa berbagai bagian tubuh saling berkomunikasi dengan lebih cepat dari kecepatan cahaya. Menariknya, meridians juga peka terhadap waktu dan tempat. Mereka mencerminkan dan menanggapi perubahan energi dari musim, waktu satu hari dan iklim dari tempat tertentu. TCM memahami bahwa ketika sistem meridian fungsi dengan baik, tubuh (termasuk pikiran, emosi dan semangat) yang sehat dan mempertahankan homeostasis, yang dinamis kondisi internal yang harmonis di mana yin dan energi yang beroperasi.

Kuno medis teks Nei Jing menyatakan: “Fungsi saluran (meridian) adalah untuk transportasi yang Qi dan darah dan mengedarkan yin dan yang untuk memelihara tubuh.” Karena meridians menanggapi dan membawa stimulasi serta mengirimkan informasi, mereka memiliki kemampuan untuk membawa penyembuhan energi setempat, serta jauh, bagian tubuh. Hal ini dapat membuat perubahan fisiologis dan lainnya sebagai Qi circulates. Hal ini yang membuat fungsi ini akupunktur dan acupressure bekerja: tertentu di sepanjang meridian, aliran Qi dapat ditingkatkan atau dimodifikasi baik dengan jarum atau dengan tekanan pada jari atau tangan. Energi praktik Qigong, dengan postur dan gerakan, juga akan mempengaruhi aliran Qi.

Jalur energi dan hubungan mereka Organ Sistem TCM dengan menyediakan kerangka untuk mengidentifikasi akar penyebab masalah-masalah kesehatan dan diagnosa menyembuhkan mereka. Meridians bekerja dengan energi mengatur fungsi tubuh dan memelihara kerukunan dalam. Jika terjadi penyelewengan fungsi, akupunktur atau terapi lainnya yang relevan dapat merangsang meridian (s) untuk membantu membawa kembali ke terpengaruh Organ keseimbangan. Qi stagnates jika terlalu lama di puncak, ia dapat menjadi blocked dan akhirnya menjadi masalah, pengaturan stage untuk kondisi yang dapat membuat fisik massa. Dysfunctional meridians juga dapat menjadi rentan terhadap faktor eksternal patogen yang dapat bermigrasi ke Organs sepanjang rute yang terpengaruh meridian.

TCM Meridian Teori menyatakan: “Selama Qi bebas mengalir melalui meridians dan Organs bekerja di harmoni, tubuh dapat menghindari penyakit.”

Yin & Yan

TCM memahami bahwa segala sesuatu yang terdiri dari dua tenaga komplementer; satu energi yin dan yang lainnya adalah mereka yang tidak pernah terpisah; satu tidak dapat ada tanpa yang lain. Ini adalah yin / yang interconnectedness prinsip dan saling tergantung; itu tidak oppositional. Intertwined hubungan yang tercermin dalam klasik hitam dan putih yin / yang symbol. Tidak peduli bagaimana Anda dapat mencoba untuk membagi setengah lingkaran ini, dua bagian akan selalu mengandung energi. TCM dari perspektif, hal ini dengan hukum Universal sederhana dan deepest.

Theori Yin dan Yang tidak absolutes. Dengan tujuan dari yin atau sebagai sesuatu yang selalu relatif, atau dalam perbandingan dengan beberapa hal lainnya. Misalnya, matahari dan siang hari dianggap yang sehubungan dengan bulan dan malam, yang yin. Namun, pagi ini yang dibandingkan dengan sore hari, yang lebih yin. Menurut Teori dari Yin dan Yang, yang adalah laki-laki, wanita adalah yin. Semua yang ada dalam tubuh juga di bawah kontrol dari biner sistem yin dan yang. Karena yin dan yang memiliki hubungan dipisahkan, jika ada masalah dengan satu, yang lainnya pasti akan terpengaruh.

Idealnya, yin dan yang harus selalu tetap berada dalam harmoni, tidak hanya dalam keseimbangan. Pengertian harmoni merupakan aspek penting dari pengertian TCM. Seringkali, di Western pemahaman komplementer dan Pengobatan Alternatif (CAM), istilah “keseimbangan” digambarkan sebagai negara yang diinginkan, namun, dalam TCM, “kerukunan” adalah tujuan akhir. Meskipun kata “balance” dan “harmoni” kadang-kadang digunakan interchangeably, dalam teori TCM mereka cukup berbeda: keseimbangan hanyalah langkah pertama menuju harmoni. Dua hal dapat seimbang, mereka dapat bertimbang proporsi atau setara berat, namun masih terpisah. Keseimbangan harus dilakukan dengan hubungan antara dua entiti: misalnya, hubungan antara Jantung dan ginjal. Pertama, sebuah hubungan harus dalam keseimbangan; langkah berikutnya adalah untuk mencapai harmoni. Ketika dua hal itu tetap selaras, tenaga mereka tidak hanya sama-sama manis tapi dijus bersama menjadi halus keseluruhan. Bila ada dua elemen dalam harmoni, ada yang terus-menerus, sadar tari antara mereka yang terjadi secara alami. Ketika satu predominates, yang lainnya recedes; ini adalah homeostasis-harmoni internal yaitu kondisi yang dinamis. Dalam sistem yang sehat, yang terjadi secara alami-harmoni di dalam tubuh itu sendiri, dan antara tubuh dan kekuatan yang luar Alam dan Universe. Jadi, ketika alam Qi undergoes perubahan karena tidak musiman, orang internal Qi akan merespon secara otomatis. Jika, dengan alasan apapun, tidak dapat membuat kelancaran transisi ke energi musim berikutnya, TCM memahami bahwa penyakit akan menghasilkan.

Di pengobatan barat, kurangnya harmoni ini dapat dilihat pada pasien dengan hot flashes. Orang-orang yang menderita kondisi ini sepanjang hari ada yang kekurangan energi atau Qi; orang-orang yang menderita malam hot flashes yang mengalami kekurangan yin Qi. Jika seorang wanita mengalami hot flashes pada kedua kali, maka kedua tenaga yang kurang dan harus diperkuat.

Belum ada komentar.

Tinggalkan komentar